MoU IJBNet dengan Pemprov Nusa Tenggara Barat

Odoo • Image and Text
Odoo • Image and Text

Bertempat di Pendopo Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, Jl. Pejanggik No. 12, Kota Mataram pada tanggal 17 Juli 2023 ditandtatangani nota kesepemahaman bersama atau MoU kerjasama antara Indonesia Japan Business Network (IJBNet) dengan Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat dalam bidang pengembangan SDM provinsi Nusa Tenggara Barat.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. dan Ketua Umum Indonesia Japan Business Network (IJBNet) Dr. Suyoto Rais. Hadir juga dalam acara tersebut mendampingi Gubernur NTB antara lain Kepala Dinas Tenaga Kerja NTB, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah. Sementara rombongan IJBNet antara lain Direktur Eksekutif IJBNet Solihin, SE, M.Pd., Calon Pengurus DPD, Dipl. Ing. Hafit Isandono, Dedy Aris Sandi, S.Kom. dan Horie Sirajudin.

Dalam MoU tersebut Kedua belah pihak telah setuju untuk bekerja sama dalam persiapan rekrutmen, pendidikan, dan pengiriman Tenaga Kerja Terampil Khusus (specified skilled worker/SSW) ke Jepang, serta pengembangan produk dari NTB. Untuk Rincian lebih lanjut terkait teknis akan didiskusikan dan disepakati secara terpisah dalam kontrak dengan persetujuan bersama.

Seperti diketahui Jepang kekurangan banyak tenaga kerja di berbagai bidang, dan untuk menutupinya menerima banyak pemagang-kerja dan Program ini akan berakhir pada tahun 2023, dan selanjutnya Jepang akan fokus menerima tenaga kerja “tokutei ginou / Specified Skilled Workers (SSW)”.

Sementara Indonesia khususnya SDM di NTB memiliki potensi dapat  mengirimkan tenaga SSW lebih banyak, untuk itu IJBNet ingin mengajak semua pihak bersinergi dan berkolaborasi agar bisa mengirimkan lebih banyak lagi SSW dan pekerja resmi lainnya ke Jepang.

Selesai melakukan MOU dengan Pemrov NTB, dilanjutkan silaturahim dengan Universitas Mataram, hadir Dekan Pertenakan Prof. DR. M. Ali. Dalam silaturahim ini dibahas kerjasama pengiriman mahasiswa Magang ke Jepang. “Dengan pengalaman kami di Jepang, kami sangat mendukung upaya IJBNet membantu pemagangan mahasiwa kita di Jepang” ujar dekan. Sementara ketua umum IJBNet berharap, pihak kampus dapat menyiapkan mahasiswanya untuk dilakukan seleksi langsung pada akhir Agustus 2023 nanti, sehingga dapat diberangkatkan pada bulan Oktober 2023.

Dengan berbagai agenda yang dilakukan oleh IJBNet, Ketua umum IJBNet berharap, semua program yang dijalankan IJBNet mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti di NTB ini. “Dengan Sinergi dan Kolaborasi, seperti di NTB ini, saya meyakini bahwa harapan dan cita-cita akan lebih mudah kita wujudkan” pungkas Suyoto Rais.


#albina