Acara Memperingati Ulang Tahun Ke-3 IJBNet (8 Agustus 2018 – 8 Agustus 2021) “Siap Bersinergi dan Berkontribusi Mempercepat Pemulihan Ekonomi Indonesia-Jepang” (Edisi 12 Juli 2021)

 

 Dimotori oleh Ketua Umumnya, Dr. Suyoto Rais, berbagai persiapan dilakukan oleh pengurus Indonesia Japan Business Network (IJBnet) untuk memperingati hari lahir IJBNet yang ke-3. Koordinasi dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dengan Kementerian maupun  organisasi pendukung lainnya baik di tanah air maupun dengan mitra di Jepang. Koordinasi dan diskusi dilakukan umumnya dilakukan secara online. Puncak acara ulang tahun IJBnet ketiga ini dijadwalkan akan dilakukan secara online di Zoom, Youtube dan juga Instagram pada hari Selasa, tanggal 10 Agustus 2021, waktu : pukul 09:00-16:00 WIB dengan thema“Siap Bersinergi dan Berkontribusi Mempercepat Pemulihan Ekonomi Indonesia-Jepang”

 

Sebagaimana diketahui IJBNet (Indonesia-Japan Business Network) adalah organisasi non profit yang diresmikan tanggal 8 Agustus 2018 di Kementerian Perindustrian RI, Jakarta. Selama 3 (tiga) tahunperjalanannya ini banyak mendapat dukungan banyak pihak. Selain itu IJBNet juga mulai banyak melakukan aktivitas-aktivitas kerjasama bisnis Indonesia – Jepang yang sebagian mulai memperlihatkan hasilnya. Pada ulang tahun ke-3 kali ini, DPP IJBNet akan melantik Pengurus DPD daerah dan IJBNet Jepang, sehingga setelah pelantikan ini diharapkan IJBNet akan dapat semakin memperkuat kerjasama bisnis kedua negara.

 

Selain itu, dalam rangkaian ulang tahun juga akan menggelar IJB-Expo & Forum 2021 (selanjutnya disebut IJB EXPO) yang pertama kali di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (selanjutnya di IJB-Expo). IJB-Expo & Forum 2021 rencana awalnya akan diadakan bersamaan dengan Peringatan Ulang Tahun Ke-3 ini, tetapi karena pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 dan lainnya, expo diundur ke tanggal 11 – 14 November 2021. Pada IJB-Expo & Forum 2021 nanti akan dipamerkan progres semua aktivitas IJBNet, seminar bisnis Indonesia – Jepang, business matching dan acara menarik lainnya. Expo serupa rencananya juga akan digelar di Provinsi Bangka Belitung di bulan April 2022. Tim IJBNet sudah bertemu Gubernur Babel dan OPD terkait untuk mulai mendiskusikan pelaksanaan expo di Bangka Belitung..



 

Tiga tahun adalah usia yang masih relatif pendek untuk perjalanan sebuah organisasi. Masih banyak kelemahan di sana-sini, masih perlu bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak. Namun IJBNet perlahan mulai menemukan jati dirinya dan memiliki program-program riil untuk mewujudkan visi-misinya. Diharapkan, ke depan akan semakin banyak program-program kerjasama bisnis Indonesia Jepang yang bisa dilakukan bersama dan membawa keuntungan untuk para pebisnis di kedua negara.

 

Pada peringatan ulang tahun ke-3 ini, ada tiga pembicara utama, yaitu Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian RI), H. E. Kenji Kanasugi (Duta Besar Jepang untuk RI) dan Heri Akhmadi (Duta Besar RI untuk Jepang). Beberapa narasumber lain juga hadir, di antaranya Laksana Tri Handoko (Kepala BRIN/Badan Riset dan Inovasi Nasional) dan Prof. Dr. Fumio Kojima (pakar manufaktur dari Jepang yang membantu program pengembangan SDM industri mendukung kebijakan Making Indonesia 4.0) untuk memberikan kuliah khusus terkait pemanfaatan hasil riset dan inovasi di Indonesia dan juga dukungan Jepang untuk pengembangan SDM industri dalam menuju transformasi ke industri 4.0.

Selain itu, IJBNet akan menggelar diskusi panel dengan menghadirkan para pemangku kepentingan, pakar dan praktisi. Selain itu, akan dikenalkan juga program-program IJBNet yang sudah mengerucut skema bisnisnya, dan acara ini dapat diikuti oleh masyarakat umum. Pada akhirnya semua kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kerjasama Indonesia – Jepang yang saling menguntungkan dan dapat membantu pemulihan ekonomi kedua negara ditengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini.

 

Narasumber yang bersedia hadir selain nama diatas adalah: Mr. Shigetoku Ogawa Perwakilan JICA Indonesia, Rachmat Gobel (Menteri Perdagangan RI ke-29,Ketua Umum PERSADA/ Persatuan Alumni Dari Jepang & Pembina IJBNet), Mr. Keishi Suzuki (Presiden Direktur JETRO Jakarta/ Japan Trade External Organization), Sanny Iskandar (Ketua Umum HKI/ Himpunan Kawasan Industri Indonesia, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia dan Ketua APINDO; Ketua Dewan Penasehat IJBNet), Dr. Musdhalifah Machmud (Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Kemenko Perekonomian RI)

 

Akan hadir juga: Warih Andang Tjahjono (Presiden Direktur TMMIN/ Toyota Motor Manufacturing Indonesia; Penasehat IJBNet), Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI ke-7, Chairman of Jawa Pos Group & Pembina IJBNet), Prof. Dr. Bambang Rudyanto (Guru Besar Wako Univ. Tokyo; Ketua IJBNet Jepang & Indonesia Center of Excellence), Mr. Shunichi Shimada (General Manager of K-RIP), Adhi S. Lukman (Ketua Umum GAPMMI/Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia), Hyanto Wihadhi (Direktur PT. Jababeka Tbk.), Teguh Wahyudi (CEO Sariraya Co. Ltd. Japan/ Buyer Halal Foods di Jepang; Waketum IJBNet), Jefri R. Sirait (Ketua Umum AMVESINDO/ Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia), Fernanda Reza Muhammad (Tenaga Ahli Export Center Surabaya/ Kementerian Perdagangan RI; Waketum IJBNet)

 

Pada acara itu juga akan ada pengenalan Program IJBNet Kerjasama Indonesia – Jepang Dikoordinir oleh Solihin, Direktur Eksekutif IJBNet dan Waketum terkait.Program rinci dan presenter akan diumumkan di hari H. Program terbagi menjadi 4 (empat) topik berikut dan ada presentasi dari mitra IJBNet. Adapun Topiknya adalah : Topik 1: Ekspor produk makanan-minuman ke Jepang, Topik 2: Ekspor produk energi dan lainnya ke Jepang, Topik 3: Adopsi teknologi aplikatif dari Jepang dan lainnya, dan Topik 4: Pengembangan SDM (untuk di Indonesia dan Jepang). Peminat diskusi lanjut-terpisah bisa diatur oleh sekretariat di lain waktu


 

Suatu kebanggaan untuk IJBNet bahwa acara hari lahir IJBNet ini juga banyak mendapat dukungan antara lain dari : IABIE (Ikatan Alumni Program Habibie), HKI (Himpunan Kawasan Industri Indonesia), GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia), MASTAN (Masyarakat Standardisasi Indonesia), MEBI (Masyarakat Energi Biomassa Indonesia), IAIPD (Indonesian Automotive Industrial People Development), IOI (Institut Otomotif Indonesia), HIPMIKEMENTARA (Himpunan Pengusaha Mikro-Kecil- Menengah Nusantara), KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia), SATMAKURA (Satukan Tenaga Masyarakat Kerahkan Untuk Rakyat), IJIN (Indonesia Japan Investor Network), KAPPIJA (Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21), KAJI (Komunitas Alumni Jepang di Indonesia), IKAPEKSI (Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia), KNA (Konsorsium Nusantara Asri), Depok Institute (DI).

 

Juga didukung oleh :Kementerian Koordinator Perekonomian RI, Embassy of Japan in Indonesia, KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Tokyo, BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), JICA Indonesia (Japan International Cooperation Agency), JETRO Jakarta (Japan Trade External Organization), K-RIP (Kyushu Renewable Energy and Environment Industry Promotion  Association) , KADIN Indonesia (Kamar Dagang dan Industri), PERSADA (Persatuan Alumni Dari Jepang), APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia), ISMI (Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia), JJC (Jakarta Japan Club), APIJ (Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang), mAMVESINDO (Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia), Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) & JABABEKA, Bisnis Indonesia, Warta Ekonomi, Jakarta Shinbun, Reportase Nasional.

 

Untuk berpartisipasi dalam acara atau mengetahui bagaimana acara berlangsung silahkan hubungi sekretariat di Gedung Menara Karya Lantai 28. Jl. HR Rasuna Said, Kav. 1-2, Blok X-5, Kuningan, Setiabudi, Jakarta 12950, Indonesia. WA: +62-813-1434-3355. Email: info@ijb-net.org atau ijbnet.pusat@gmail.com (#Bangsol)