Kolaborasi Pengembangan SDM Kabupaten Gorontalo bersama IJBNet

Odoo • Image and Text

Kolaborasi Pengembangan SDM Kabupaten Gorontalo bersama IJBNet


Bertempat di kantor International Coconut Community (ICC), Jl. Kramat Raya No.172, Jakarta Pusat, Senin (12/6), Ketua Umum Indonesia Japan Business Network (IJBNet), Dr. Suyoto Rais bersilaturahmi dengan Bupati Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo,  Prof. Dr. Nelson Pomalingo, M.Pd, Pertemuan ini membahas program-program IJBNet yang saat ini menjadi fokus utama kegiatan antara lain pengolahan industri kelapa dan pengiriman tenaga kerja serta program magang di Jepang.

Dalam silaturahim yang berlangsung santai namun tidak mengurangi substansi tujuan ke depan rencana kerjasama pengembangan SDM di Gorontalo antara Pemkab Gorontalo dan Indonesia Japan Business Network (IJBNet). Materi yang dibahas antara lain program Specified Skilled Workers (SSW), yaitu penyaluran tenaga kerja magang ke Jepang. Selain ketua umum, tim IJBNet hadir antara lain Anggoro, Solihin, Makmur Solahudin, Yani, Romi Chandra, Sonia dan Perdana.

Bupati Nelson Pomalingo menyambut gembira dan siap menyukseskan program ini karena selain dapat menyerap tenaga kerja di Indonesia, juga bisa meningkatkan devisa negara. "Kami siap  mengikuti Provinsi Sulut untuk memilih SMK Percontohan untuk dididik sebagai SSW" ujarnya merujuk kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah terlebih dahulu mengikuti program ini bersama IJBNet.  

Untuk mewujudkan rencana tersebut maka pada akhir bulan Juni 2023 ini, Pemkab Gorontalo akan mengundang IJBNet untuk hadir ke Gorontalo membahas lebih detail rencana pengiriman tenaga kerja yang diharapkan akan banyak menyerap dan melibatkan calon tenaga kerja di Gorontalo. “ Kita akan bahas baik teknis maupun kerjasamanya nanti di Gorontalo”, ajak Bupati kepada ketua umum IJBNet.


#albina #ijbnet