Pemkab Gorontalo Jalin Kerjasama Dengan IJBNet Terkait Pengembangan Kelapa Non Standar dan SDM

PEMKAB GORONTALO JALIN KERJASAMA DENGAN IJBNet
TERKAIT PENGEMBANGAN KELAPA NON STANDAR DAN SDM

Odoo • Image and Text



Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menjalin kerjasama dengan Indonesia Japan Business Network (IJBNET) Perihal Pengembangan Kelapa Non-standar dan Pengembangan SDM di Kabupaten Gorontalo.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo dengan Pihak Indonesia Japan Business Network di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, Senin, (03/07/2023).

Dalam sambutannya Bupati Nelson menyampaikan bahwa saat ini masalah yang di hadapi mengenai kelapa ini yaitu di bagian hulu dan hilir dari kelapa tersebut.

Dimana kata Nelson untuk bagian hulu terkait dengan penanaman oleh karena itu dalam rangka pelaksanaan World Coconut Day pihaknya akan menanam kurang lebih 100 ribu pohon untuk mengembalikan kejayaan kelapa.

“Kemudian juga masalah di bagian hilirnya yaitu pada produknya karena tidak menguntungkan para petani dimana tiap bulan hanya 500 ribu,” kata Nelson

Lanjutnya, ada tiga industri di Kabupaten Gorontalo, tetapi itu belum bisa menggenjot harga dari kelapa. Olehnya dengan penandatanganan ini akan mendorong pabrik terkait dengan bahan baku.

“Kalau itu terjadi harga kelapa akan naik, potensi kelapa kita akan lebih baik, sehingga dengan kunjungan IJBNET ini benar benar ditindak lanjuti,” jelasnya

Kemudian untuk penandatangan terkait dengan SDM di Kabupaten Gorontalo, Nelson menjelaskan mulai tahun depan 100 orang tiap bulan tenaga kerja akan dikirimkan ke Jepang.

“Ini akan mengakibatkan lapangan kerja, juga pendapatan dan mereka kembali melanjutkan apa yang mereka lakukan di Jepang nanti, oleh karena itu kepada dinas terkait untuk menyiapkan tenaga kerja untuk diseleksi,” pungkasnya

red : segera menyusul MOU dengan daerah-daerah lainnya.


repost : https://gorontalokab.go.id