Silaturahim Tim IJBNet ke BPVP Lombok Timur

Silaturahim Tim IJBNet ke BPVP Lombok Timur

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur (Lotim) adalah Pusat pelatihan keterampilan milik Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemnaker RI) di Lotim ini, disebut menjadi salah satu tempat pelatihan terbaik di Indonesia.

Melihat Keberadaan BPVP yang dinilai sangat penting itu, maka  dalam kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Direktur Eksekutif IJBNet, Solihin, berkesempatan untuk Bersilaturahim ke lembaga yang peresmian pergantian namanya dilakukan secara simbolis oleh  Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemnaker RI, Budi Hartawan beberapa waktu lalu. Dalam silaturahim itu Direk IJBNet didampingi pengurus DPD NTB Hafit Isandono, Dedy Aris Sandi, Nuha Mufida, Mi'rajul Huda  dan Aprianto Saputra.


Odoo • Image and Text

Dalam kunjungan tersebut Direk IJBNet menyampaikan perihal MoU kerjasama IJBNet dengan Pemrov NTB yang sudah ditandatangani pada tanggal 17 Juli 2023, di mana dalam arahan Gubernur Program kerjasama pengembangan SDM IJBNet dan NTB tersebut juga diharapkan melibatkan kolaborasi dengan seluruh stakeholder ketenagakerjaan yang ada di NTB, diantaranya juga BPVP Lomtim. Sehingga tujuan dari kerjasama untuk peningkatan penyaluran tenaga kerja di NTB ke Jepang dapat terlaksana dengan baik baik jumlah maupun kualitasnya.

Selain menjelaskan MoU tersebut, IJBNet juga berharap dapat bekerjasama dengan pihak BPVP Lomtim baik dalam hal penggunaan fasilitas maupun bentuk kerjasama lain dalam pendidikan dan pelatihan calon tenaga kerja NTB yang akan dikirim ke Jepang. Dalam waktu dekat IJBNet juga menyampaikan akan ada kunjungan penerima kerja dari Jepang ke NTB, untuk itu IJBNet berharap saat kunjungan nanti ada kesempatan juga calon penerima kerja untuk beraudiensi dan mengunjungi langsung pihak BPVP Lomtim. Sekaligus di tempat ini bisa melakukan wawancara calon pekerja juga melihat sarana dan prasarana BPVP yang bisa dikerjasamakan nantinya.

Sementara itu Verry Fahrudin, S.E., M.M. Subkoordinator Peningkatan Produktivitas dan Pelatihan Vokasi BPVP Lombok Timur yang didampingi Khairul Ziyad, S.Kom., M.Si. Subkoordinator Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas BPVP Lombok Timur, menyambut baik kedatangan tim IJBNet dan segera akan berkoordinasi dan melaporkan kepada  Pimpinan BPVP Lombok Timur terkait kedatangan tim IJBNet saat ini dan Rencana ke depan untuk kerjasama dengan IJBNet. Juga akan berkoordinasi dengan IJBNet DPD NTB untuk menyiapkan apa saja yang bisa dikerjasamakan nantinya serta menyiapkan prosedural kerjasamanya. Dengan kerja sama, kolaborasi dan berbekal keterampilan yang dimiliki masing-masing peserta pelatihan nantinya, tentunya diharapkan program kerjasama ini bisa ikut membangun ekonomi Indonesia khususnya NTB lebih baik ke depan. 


#albina