SEJUTA MANFAAT DARI KELAPA

Sebagai negara tropis, pohon kelapa dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia, sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir.

Tanaman kelapa secara subur tumbuh dan dibudidayakan di berbagai negara tropis basah dunia. Tetapi, 94,64 % produksinya datang dari kawasan Asia Pasifik. Indonesia menjadi tempat dengan luas perkebunan dan produksi kelapa terbesar, diikuti oleh Filipina dan India.

Usia pohon kelapa cukup lama, bisa mencapai satu abad di usianya yang tertua. Namun, umur produktifnya hanya bertahan di usia 30 tahun.

Tinggi pohon kelapa bisa mencapai 30 meter, dengan 80-120 buah per pohon dalam setahun. Tetapi, nyaris semua bagian tanaman kelapa bermanfaat bagi kehidupan. Tidak heran, pohon kelapa dikenal sebagai pokok serba guna.


Manfaat Pohon Kelapa dari Akar hingga Pucuk Daun Dilansir dari buku Kelapa Pohon Kehidupan karya FG Winarno, diketahui sejumlah manfaat pohon kelapa mulai dari akar paling dalam, hingga daunnya paling pucuk. Berikut manfaat pohon kelapa: 


Daun Kelapa

  1. Menjadi bingkai lemari.

  2. Dirangkai menjadi hiasan janur dan dekorasi pada acara adat maupun kontemporer.

  3. Dapat dianyam menjadi sarang ketupat, tempat buah, keranjang sampah, kipas, sandal, tas tangan, dan topi.

  4. Tulang daun kelapa dapat menjadi bahan baku sapu lidi.

  5. Pucuk daun kelapa dapat dibuat menjadi makanan, seperti asinan.

Daging Buah Kelapa

  1. Dijadikan santan untuk membuat sayur, soto, gulai, rendang, dan ragam hidangan lain.

  2. Dapat dikerok, diparut, dan dikeringkan menjadi bahan baku makanan ringan dan minuman.

  3. Menghilangkan kerutan di wajah dan mengurangi tumit pecah-pecah.

  4. Melembabkan kulit.

  5. Mencegah uban dan menghilangkan ketombe.


Air Kelapa

  1. Membantu menjaga pola makan (diet) dengan meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi rasa lapar, mengubah lemak jadi massa otot, dan membantu fungsi tiroid dalam menurunkan berat badan.

  2. Memenuhi kebutuhan vitamin B.

  3. Alternatif minuman sehat dan minuman isotonik.

  4. Memperlancar pencernaan.

  5. Menetralisir racun



Minyak Kelapa

Daging buah kelapa dapat diolah menjadi minyak yang kemudian memiliki banyak manfaat, seperti: 

1.Memperbanyak Kadar Jumlah Kolesterol Baik (HDL)

Aneka senyawa pada minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, khasiat ini masih dalam proses penelitian dan perlu ditelaah lebih lanjut. Meskipun demikian, sejumlah ahli juga melihat bahwa efek minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya manfaat minyak kelapa dalam meningkatkan HDL.

2. Mengendalikan Stres

Stres yang dimaksud disini adalah stres yang memiliki kaitan dengan stres pasca melakukan olahraga. Manfaat itu timbul dari sifat antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa. Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat dari Experimental and therapeutic medicine. 

3. Menunda Rasa Lapar

Minyak kelapa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Manfaat dalam proses menunda lapar bisa terjadi karena adanya kandungan MCT di dalamnya. Proses kerja MCT ditengarai memiliki hubungan dengan cara tubuh menjalani proses metabolisme lemak.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Minyak kelapa tak selalu lekat dengan bahan masakan, namun juga berkaitan dengan produk kecantikan. Beberapa perusahaan produk kecantikan membuat ekstrak minyak kelapa sebagai penawar anti inflamasi dan membantu melindungi, serta merawat kesehatan kulit. 

Batang Kelapa

Batang kelapa yang sangat tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap,  Dengan begitu, batang kelapa juga memiliki banyak manfaat, seperti:

  1. Dibentuk menjadi perabotan dengan motif menarik seperti meja, kursi, bingkai lukisan, dan lain-lain.

  2. Menjadi bahan dasar pembangunan rumah, jembatan darurat, kerangka perahu, alas genteng, papan, kayu, dan lain-lain.

Akar Kelapa

kelapa menginspirasi teknologi penyangga bangunan cakar ayam seperti di Bandara Soekarno-Hatta oleh Sedyatmo. Berikut manfaat akar kelapa:

  1. Menjadi zat pewarna perabotan rumah tangga

  2. Diramu menjadi obat-obatan dengan takaran tertentu

Bunga Kelapa Nira bunga kelapa 

dapat dikemas menjadi minuman ringan yang bisa disimpan atau dikonsumsi secara langsung, Sari nira juga dapat dijadikan sebagai gula kelapa yang mengeras setelah melalui proses pemanasan atau dimasak.

Produksi Pemanfaatan Kelapa di Indonesia Asia dan Pasifik menghasilkan 5,3 juta ton kelapa atau setara 82 % produksi dunia yang meliputi 12 negara, sedangkan sisanya oleh negara di Afrika dan Amerika Selatan.

Indonesia merupakan negara dengan produksi kelapa terluas dan tersebar di Riau, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Aceh, Sumatra Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku. Indonesia juga menyandang predikat sebagai produsen kelapa terbesar di dunia, dengan jumlah produksi 183 juta ton kelapa per tahun pada 2018. Sebagian besar kelapa Indonesia diproduksi di Sulawesi Utara.


Reposting dari katadata-co.id

#hilyah #ijbnet